Di tengah banyaknya pilihan bahan bakar di SPBU, pertanyaan klasik pun muncul kembali: lebih baik pakai Pertalite atau Pertamax? Untuk menjawab rasa penasaran ini, tim dari Prodi D3 Mesin Otomotif Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) turun langsung ke lapangan dan mewawancarai beberapa warga kampus.
Suara Mahasiswa: Antara Harga dan Performa
Saat ditanya bahan bakar pilihan mereka, jawaban mahasiswa UNIMMA pun beragam.
-
“Saya pakai Pertamax, soalnya nggak antri,” ujar salah satu mahasiswa.
-
Mahasiswa lain juga menjawab Pertamax karena alasan serupa: “Biar nggak ngantri dan performa mesin lebih oke.”
-
Di sisi lain, ada juga yang lebih memilih Pertalite. Alasannya? “Karena harganya lebih terjangkau, Mas,” ucap seorang mahasiswa dengan senyum.
Ada juga yang jujur memilih Pertalite karena alasan finansial dan penggunaan motor standar. “Saya pakai Pertalite karena motor saya masih standar, dan ya… murah.”
Penjelasan Dosen: Semua Tergantung Kompresi Mesin
Untuk menjawab pertanyaan secara teknis, kita tanya langsung ke dosen Prodi D3 Mesin Otomotif UNIMMA. Ternyata, perbedaan antara Pertalite dan Pertamax bukan soal energi yang dihasilkan, tetapi lebih ke nilai oktan.
“Nilai oktan itu adalah ketahanan bahan bakar terhadap knocking (detonasi). Mesin dengan rasio kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi, seperti Pertamax atau Pertamax Turbo,” jelas dosen Teknik Mesin UNIMMA, Dr. Budi Waluyo, S.T., M.T.
Dengan kata lain, motor atau mobil standar yang punya kompresi rendah-menengah masih cukup pakai Pertalite. Tapi kalau kendaraan kamu sudah di-upgrade kompresinya, maka sebaiknya pilih Pertamax, agar pembakarannya lebih optimal dan mesin lebih awet.
Oh ya, kandungan energi per kilogramnya ternyata hampir sama lho, sekitar 44 MJ/kg untuk semua jenis bahan bakar bensin!
@teknik.mesin.oto.unimma Dengerin berita pertalite vs pertamax di media malah tambah pusing. Nih penjelasan dari peneliti otomotif UNIMMA. Ternyata, pertalite dan pertamax tidak berhubungan dengan jumlah energi yang dikandungnya, tapi terkait dengan ketahanan terhadap kenocking. Hubungannya dengan rasio kompresi bagaimana ya? yuk simak ulasan lengkapnya. Jangan skip sedetikpun!!! #pertalite #pertamax #bensin #kompresi #pertamina #ron #mesin #automobile #teknikmesin #teknikotomotif #unimma #foryou #fyp
Jadi, Mana yang Lebih Baik?
Jawabannya tidak mutlak. Tidak ada yang lebih baik secara umum, semua tergantung pada spesifikasi mesin kendaraan kamu:
-
✅ Pertalite cocok untuk mesin standar, kompresi rendah, dan pengguna yang mempertimbangkan sisi ekonomis.
-
✅ Pertamax lebih cocok untuk mesin modern, performa tinggi, atau yang sudah mengalami peningkatan kompresi.
Yang paling penting bukan soal merek bahan bakar, tapi memahami karakter mesin kita sendiri. Jangan sampai salah pilih bahan bakar yang tidak sesuai dengan rasio kompresi kendaraan, karena bisa berdampak pada umur mesin dan efisiensi bahan bakar.
Ingin Paham Lebih Dalam Dunia Otomotif?
Di Prodi D3 Mesin Otomotif UNIMMA, kamu bukan hanya diajari membongkar mesin, tapi juga memahami prinsip termodinamika, bahan bakar, efisiensi energi, hingga teknologi otomotif terbaru.
📞 Info PMB: https://pmb.unimma.ac.id/