Executive Summary

Visi Keilmuan

Program Studi Mesin Otomotif (PSMO) dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang (FT-Unimma), memiliki visi keilmuan “Pengembangan Kendaraan Efisien”. Visi keilmuan tersebut ditetapkan untuk mendukung isu global green energy dan target net-zero emission. Visi keilmuan tersebut menjadi arah pengembangan kurikulum program studi, peta jalan penelitian, dan peta jalan PkM yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan dievaluasi untuk memperbaiki relevansi dan identitas keilmuan PSMO.

Pencapaian dan Reputasi

PSMO berdiri tahun 2001 dan memperoleh akreditasi pertama tahun 2007 dengan status terakreditasi C. Pada tahun 2012 mengajukan akreditasi dan mendapatkan peringkat B. Kemudian, pada tahun 2018 mengajukan akreditasi kembali dan mendapat peringkat A. Sampai di penghujung tahun 2022 lalu, berdasarkan penelusuran pada direktori pencarian akrediatasi program studi BAN-PT, Prodi D3 Mesin Otomotif Unimma merupakan satu-satunya Prodi Otomotif yang terakreditasi A. Sementara itu, berdasarkan penelusuran pada SINTA, ada 32 Prodi D3 Otomotif dengan kode 21403 dan Prodi Mesin Otomotif Unimma juga menempati peringkat 1 secara nasional, dengan skor SINTA Score Overall: 6.688 dan SINTA Score 3Yr: 3.206. Ditinjau dari kinerja jurnal ilmiah yang diambil dari laman SINTA, ada 5 jurnal ilmiah otomotif dan Jurnal Automotive Experiences milik Prodi Otomotif Unimma juga menempati peringkat pertama (SINTA  1 dan terindeks di Scopus dengan CiteScore 1.4, Quartile 3). Jurnal ini telah menjadi rujukan peneliti, akademisi, dan praktisi otomotif nasional dan internasional dan menempati urutan ke 65 dari 102 jurnal dengan scope otomotif yang terindeks di basis data Scopus. Bahkan, secara peringkat, jurnal Automotive Experiences, berhasil mengungguli beberapa jurnal bereputasi seperti: International Journal of Electric and Hybrid Vehicles, International Journal of Transport Development and Integration, International Journal of Heavy Vehicle Systems, International Journal of Automotive Engineering, Qiche Gongcheng/Automotive Engineering, dan SAE Technical Papers.

Tridharma

Pendidikan – Sejak berdiri tahun 2001, PSMO telah melakukan lima kali pemutakhiran kurikulum. Kurikulum terbaru (edisi 2022), disusun dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi, serta sesuai perkembangan ipteks dan kebutuhan pengguna (dengan mempertimbangkan need assessment dan mengintegrasikan hasil penelitian sebagai bahan kajian baru untuk meningkatkan relevansi dan identitas keilmuan prodi). Capaian pembelajaran diturunkan dari profil lulusan dan memenuhi KKNI level 5. Struktur kurikulum memuat keterkaitan antara mata kuliah dengan capaian pembelajaran lulusan yang digambarkan dalam peta kurikulum yang jelas. Pembelajaran di PSMO telah memenuhi karakteristik interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Dokumen RPS di PSMO mencakup target capaian pembelajaran, bahan kajian, metode pembelajaran, waktu dan tahapan, asesmen hasil capaian pembelajaran. RPS tersebut ditinjau dan disesuaikan secara berkala serta dapat diakses oleh mahasiswa, dilaksanakan secara konsisten. Isi materi pembelajaran di PSMO sesuai dengan RPS, memiliki kedalaman dan keluasan yang relevan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan, serta ditinjau ulang secara berkala. Pembelajaran di PSMO melibatkan interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif. Pencatatan administrasi pembelajaran dilakukan dalam Learning Management System (LMS) My Online Class (MOCA). Selain pencatatan dalam MOCA, dosen PSMO juga mendokumentasikan tutorial pembelajaran dalam bentuk audio visual yang diunggah dalam channel Youtube yang memungkinkan interaksi berkelanjutan antara dosen dan mahasiswa. UPPS memantau proses pembelajaran yang dilaksanakan secara periodik untuk menjamin kesesuaian dengan RPS dalam rangka menjaga mutu proses pembelajaran. Hasil monev terdokumentasi dengan baik dan digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran, misalnya perbaikan metode pembelajaran berbasis output, project-based learning, dan case methods. Sampai dengan semester genap tahun akademik 2021-2022, ada setidaknya 30 mata kuliah (77%) yang menerapkan penilaian dengan intrumen rubrik/portofolio. Ada 7 mata kuliah yang mengintegrasikan hasil penelitian dan PkM dan ada kegiatan ilmiah yang terjadwal dilaksanakan setiap bulan dalam bentuk penelitian, kegiatan ormawa, pelaksanaan PkM, dan upgrade knowledge.

Penelitian dan PkM – PSMO memiliki roadmap penelitian dengan topik-topik penelitian yang merujuk pada bidang-bidang unggulan riset dalam Renstra Penelitian Unimma. Dari sisi pelaksanaan, seluruh kegiatan penelitian di PSMO terlaksana melalui proses pengusulan proposal, pelaksanaan, pelaporan, dan tindak lanjut. Dalam 3 tahun terakhir, dosen PSMO terlibat dalam 25 judul penelitian, semuanya sesuai dengan roadmap penelitian prodi dan Center of Energy for Society and Industry (CESI). PSMO memanfaatkan hasil penelitian untuk perbaikan relevansi penelitian (update roadmap) dan pengembangan identitas keilmuan program studi. Dalam hal pengabdian kepada masyarakat (PkM), PSMO juga telah memiliki roadmap PkM dengan topik-topik PkM yang merujuk pada bidang-bidang unggulan dalam Renstra PkM. Seluruh kegiatan PkM di PSMO terlaksana melalui proses pengusulan proposal, pelaksanaan, pelaporan, dan tindak lanjut. Ada 10 dari 15 PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir dilaksanakan sesuai roadmap PkM, dan 5 diantaranya berdasarkan permintaan mitra. PSMO juga memanfaatkan hasil PkM untuk perbaikan relevansi PkM (update roadmap) dan pengembangan identitas keilmuan program studi.